Pembangunan

Bupati H Devi Suhartoni Tinjau Jembatan Putus, Janji Akan Diperbaiki 

PENAMURATARA.COM- Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), H Devi Suhartoni tinjau jembatan gantung di Desa Lesung Batu, Kecamatan Rawas Ulu pasca putus di terjang banjir.

Tidak sendiri, Bupati di dampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala OPD lainnya, Camat Rawas Ulu dan Kades Lesung Batu.

Menurut Bupati jembatan gantung Lesung Batu menjadi akses vital bagi masyarakat, yang menjadi penghubung Desa Lesung Batu ke desa desa lainnya.

Jembatan gantung yang kini sudah tidak bisa dilalui itu merupakan akses bagi anak sekolah dan masyarakat, serta akses utama bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas perekonomian.

“Saya sudah mendengar langsung meminta penanganan segera. Tanpa itu juga bersama Kadis PUPR dan beberapa OPD, Camat dan Kades melakukan tinjauan darurat, untuk mencari alternatif penanganan tercepat,”kata Bupati, Rabu 17 Januari 2024.

Bupati pun meminta Kepala Desa Lesung Batu mengajak masyarakat rapat terlebih dahulu, untuk mendengar keinginan masyarakat, apakah nanti jembatan gantung dibangun ditempat semula atau ditempat lain.

Kesepakatan dengan warga, kata Bupati, perlu dilakukan Pemerintah Desa Lesung Batu, sebelum pembangunan jembatan gantung dilakukan, agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

“Kades harus berembuk dengan masyarakat tentang letak jembatan yang akan dibangun nanti. Supaya tidak ada masalah dengan tanah dan tempat yang dibangun nanti. Jika tempatnya sudah disepakati, silahkan Kades hubungi saya,” tegas Bupati.

Bupati mengatakan akibat banjir yang menerjang kabupaten Muratara, menyebabkan 6 jembatan putus. Jembatan jembatan tersebut harus secepatnya dibangun kembali.

Biaya yang diperlukan untuk membangun 6 jembatan itu, diperkirakan mencapai 40 milyar rupiah, dan memakan waktu setidaknya tujuh sampai delapan bulan.

“Untuk sekarang saya akan berusaha untuk mencari dana pembangunan 6 jembatan yang putus. Masyarakat dimohon sabar, karena pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk membangun kembali jembatan jembatan yang putus,” kata Bupati.

Usai meninjau jembatan gantung tersebut, Bupati menyempatkan mendatangi salah satu rumah warga yang berada di sekitar jembatan gantung.

Dalam berdialognya, warga menyampaikan keluhan soal kerusakan lahan pertanian mereka yang rusak diterjang banjir.

“Akibat banjir warga gagal panen. Kami Pemda berjanji akan berusaha mencari solusi terbaik, saya meminta masyarakat sabar,”pungkasnya. ADV/IN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button